29 September 2011

Tips Mengamankan Akun Facebook dari Serangan Hacker

Ibarat pepatah berkata tidak ada gading yang tak retak, begitulah kita menggambarkan segala sesuatu buatan manusia. Secanggih apapun teknologi yang dipakainya pastilah ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk berbuat kejahatan.

Demikian pula sebuah situs jejaring sosial yang sangat terkenal, bahkan kalau kalian tanya anak SD sekalipun maka dia pasti akan tahu, ya... namanya adalah Facebook, sebuah situs jejaring sosial bikinan mark Zukerberg dkk. Tahukah kalian facebook sangat rentan dihack?? disini saya tidak akan mengulas bagaimana menghack facebook, tapi yang akan saya ulas adalah bagaimana mengamankan akun facebook kita agar tidak dihack.

Berikut beberapa tips yang bisa anda pakai untuk mengamankan akun facebook anda:

1. Sembunyikan email anda. 
Di halaman profil kita biasanya akan tampil akun email kita jika belum kita seting privasinya. Berikut cara mensetting akun facebook agar email kita tidak ditampilkan dihalaman profil: Klik AKUN >>> Pengaturan Privasi >>> Sunting Profil >>> Informasi Kontak� >>> Email (pada kotak email klik ikon gambar orang dan klik tulisan hanya saya)

2. Daftarkan minimal 2 email untuk 1 akun facebook. 
Perlu kalian ketahui bahwasanya kelemahan facebook adalah dia memakai akun email sebagai username saat login. sedangkan password yang dipakai sebagai kata kunci untuk login sangat rentan sekali terhadap hacking, gak percaya?? coba saja kalian ketik digoogle.com "cara menghack password akun facebook" niscaya di sana akan ada ratusan bahkan ribuan situs yang menawarkan kepada anda cara menghack password facebook, baik yang berbayar maupun gratis. Tentu saja untuk yang gratis diperlukan teknik yang agak rumit, yang mungkin tidak kita semua bisa melakukannya. Tapi kalau yang berbayar, sangat mudah anda hanya perlu membayar $3 untuk 1 password akun facebook.  Lalu apakah setelah kita membayar $3 kita bisa menghack akun orang lain? jawabnya bisa ya bisa tidak. Lho kok?? karena selain kita memerlukan password untuk menghack akun orang lain, kita juga memerlukan email yang biasa dipakainya untuk login. Nah jika emailnya dicantumkan di halaman profilnya maka akun facebook orang tersebut jadi milik anda, akan tetapi jika emailnya tidak dicantumkan maka si hacker akan kesulitan untuk masuk akun tersebut.

3. Daftarkan juga no telpon anda yang bisa dihubungi. 
Jika si hacker adalah hacker yang ulung dan dia bisa mendapatkan 2 email yang anda daftarkan dalam akun facebook. Maka tamat sudah riwayat akun facebook anda. Tapi, tentunya programmer facebook pun tidak kalah akal. Untuk mengantisipasinya mereka membuat password recovery yang akan memberitahukan password anda via sms. Jadi jika suatu saat si hacker berhasil mnghack akun anda dan mengganti passwordnya, anda tinggal meminta kepada facebook untuk mengirimkan password si hacker via sms.

4. Gunakan Password yang unik 
Usahakan password anda terdiri dari kata, karakter dan angka. Untuk kata juga diusahakan terdiri dari gabungan huruf besar dan kecil misal [aBUiHsAn]. Lalu tambah angka yang tidak terdiri dari angka urut misal tanggal lahir anda [060380], kalau perlu tambahkan karakter padanya misal [_]. jadi misal total passwrord anda [aBUiHsAn_060380]. Nah saya yakin jika password anda seperti itu si hacker akan dibuat pusing tujuh keliling.

5. Sering gantilah password anda secara rutin 
Sulitnya password ditembus bukan berarti tidak mungkin, karena sebuah password yang mudah dihack hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menghacknya sedangkan password yang sulit ditembus bisa membutuhkan waktu 3-7 hari untuk mendapatkannya dengan sebuah mesin pencari password. Nah bisa anda bayangkan misal ada orang yang dendam terhadap anda karena anda tolak cintanya [ciee....... misalkan aja ya] dia akan melakukan segala cara untuk menghancurkan hidup anda. Bisa jadi yang pertama dia incar adalah akun facebook anda, dia akan mencemarkan nama baik anda lewat akun facebook anda untuk itu dia akan mengerahkan seluruh waktunya untuk menembus akun facebook anda, jangan anda merasa aman walaupun tips diatas telah anda lakukan. karena bisa jadi setelah mengerahkan waktunya selama 1 bulan akhirnya dia berhasil mendapatkan email anda dan password akun facebook anda. Nah sebelum dia berhasil mengambil alih akun facebook anda, gantilah password anda. Mudah bukan?? 

6. Jangan pernah memberitahukan email anda kepada orang yang belum anda kenal

7. Daftarkan no telpon privasi anda, bukan no telpon yang biasa anda pakai untuk bertransakasi via internet 


8. usahakan tidak meng add orang yang mencurigakan 

9. Batasi info profil anda hanya kepada teman, sehingga tidak sembarang orang bisa membaca info profil anda. 

Demikian sedikit tips dari saya, untuk mengamankan akun facebook anda. Semoga dari yang sedikit ini bisa bermanfaat. Jika anda punya tips yang lain silahkan di share di kolom komentar dibawah ini. Tolong sebarkan tips ini kepada teman2 anda barangkali bermanfaat buat mereka.

Sumber artikel klik disini

Artikel Terkait

Tips Mengamankan Akun Facebook dari Serangan Hacker
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Open Cbox