18 Juni 2011

Apakah Internet akan Berkembang Pesat tanpa adanya Linux ?


Tahukah Anda bahwa Internet mempunyai kaitan yang sangat erat dengan Linux … ?
Ada dua penyebab utama mengapa Internet memerlukan Linux :  
1. Biaya Linux yang sangat ekonomis dan bahkan boleh dibilang gratis.  
2. Kemampuan Linux untuk bertindak dalam “skala perusahaan” tanpa memerlukan komputer kelas perusahaan.

Bayangkan skenario berikut :
Tahun 1993. Anda mendapatkan ide untuk menjalankan sendiri dial-up ISP (tahun itu belum ada broadband internet:). Anda memerlukan komputer untuk server Internet. Komputer yang anda gunakan adalah jelas bukan komputer kelas super server dengan harga $ 10.000, karena Anda tidak memiliki uang tunai untuk itu. Dan semua yang Anda miliki adalah komputer dengan prosesor 486 DX2 66MHz – pada saat itu sudah termasuk kelas modern.

Tahun 1993 dan sekarang Anda memerlukan OS kelas server. Apa yang tersedia ?
Windows NT 3.1 namun sayangnya tidak dilengkapi dengan perangkat yang tepat untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Apple MacOS Sistem 7.1 bukan OS untuk server, jadi Andapun mengabaikannya.
Lalu apa yang tersisa ? Unix dan Linux.

Unix terlalu eksklusif pada saat itu dan tentu saja mahal. Kemudian ada Linux. Anda memiliki beberapa pilihan pada saat itu. Slackware, Red Hat, Debian dan beberapa distro lain.

Pada titik ini, Anda sudah mendapatkan OS Linux pilihan Anda dalam sebuah disket (saat itu belum ada flashdisk :) . Linux diinstal, kemudian servernya dikonfigurasi dan berjalan dengan baik. Tentu saja semua itu Anda lakukan melalui mode teks, karena kinerja server harus dioptimalkan 100% untuk kecepatan, jadi jangan mengharapkan tampilan GUI secantik desktop Anda saat ini.

Begitulah kira-kira skenario berkembangnya Internet saat itu. Ada ribuan ISP yang mengoperasikan Internet dan kebanyakan mereka semua saat itu menjalankannya di Linux. Bukan Windows, karena Windows saat itu tidak dapat melakukannya, dan tentu saja juga bukan Mac OS.

Linux adalah satu-satunya OS yang ekonomis namun mempunyai kemampuan seperti Unix yang mahal dan tentu saja dapat menggunakan komputer yang ada saat itu tanpa harus membuat kering kantong.
Jadi … menurut pendapat Anda, apakah Internet akan ada seperti yang kita tahu sekarang ini tanpa adanya Linux?

Artikel Terkait

Apakah Internet akan Berkembang Pesat tanpa adanya Linux ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Open Cbox